Dinamika Penduduk Benua Asia dan Amerika

DINAMIKA PENDUDUK BENUA ASIA

Pengertian dinamika penduduk

Dinamika penduduk adalah perubahan jumlah penduduk dari waktu ke waktu

Faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk

  1. Kelahiran (natalitas)
  2. Kematian (mortalitas)
  3. Migrasi (perpindahan)

Dinamika penduduk dapat ditinjau

  1. Jumlah penduduk
  2. Persebaran penduduk
  3. Komposisi penduduk

Komposisi penduduk di susun dari

  1. Jenis Kelamin
  2. Umur
  3. Pekerjaan
  4. Budaya
  5. Etnik
  6. Agama

Menurut data World Population Data Sheet (WPDS) tahun 2005 penduduk benua Asia berjumlah  3.921. 000. 000 dan pada tahun 2015 penduduk benua Asia berjumlah 4.397.000.000 artinya penduduk benua Asia mengalami kenaikan jumlah penduduk sebesar 476.000.000 dalam waktu 10 tahun.

Persebaran penduduk benua Asia tidak merata dengan penduduk terbesar yaitu China, India dan Indonesia. Daerah yang jarang penduduknya, antara lain Siberia pegunungan dikawasan Asia tengah, dataran tinggi tibet, daerah gurun, dan stepa.

Di Benua Asia terdapat empat macam induk bangsa sebagai berikut:

1)     Induk Bangsa Mongoloid yang termasuk suku bangsa  Mongoloid adalah Tiongkok, Jepang, Mongolia, Korea, Tibet, Mancuria, Kirgis, Myanmar, Thailand  dan Indocina.

2)     Induk bangsa Melayu menempati daerah Kepulauan Indonesia, Kepulauan Filipna, dan Jazirah Malaka.

3)     Induk bangsa Dravida menempati daerah di Srilangka dan India Bagian Selatan.

4)     Induk bangsa Kulit putih (Kaukasoit). Bangsa kulit putih  tinggal di kawasan Asia kecil  yaitu bangsa  bangsa Arab, Iran, Yahudi, Armenia dan Hindu yang sebagian bertempat tinggal di Pakistan dan India.

Kualitas penduduk benua Asia

Negara-negara Asia umumnya memiliki potensi untuk mengembangkan perekonomiannya di bidang produksi pertanian, seperti beras,gandum, dan berbagai bahan tambang, Asia memegang peranan penting, meskipun demikian ada berbagai faktor yang menimbulkan hambatan terhadap perekonomian negara negara Asia.

Sejumlah negara Industri di Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand sebagai negara industri baru sangat dinamis tingkat pertumbuhan ekonominya akan tetapi banyak pula negara yang perekonomiannya kurang berkembang akibat konflik yang berkepanjangan seperti Vietnam, Laos, Kampuchea, Sri Lanka Dan Filipina.

DINAMIKA PENDUDUK AMERIKA


Penduduk Amerika terdiri atas penduduk asli penduduk pendatang dan penduduk campuran penduduk aslinya adalah suku Eskimo dan Indian sedangkan penduduk pendatangnya berasal dari berbagai benua terdiri atas tiga ras utama yaitu ras negroid dari Afrika, ras mongolia dari Asia dan ras Kaulasoid yang berkulit putih dari Eropa. Dalam perkembangannya penduduk pendatang dan penduduk asli saling berbaur hidup bersama sehingga dapat dijumpai adanya penduduk campuran.

Macam macam penduduk ras campuran pada benua Amerika adalah

  1. Mestizo, dari satu orang tua dari orang  kulit putih (eropa) dan satu suku Indian.
  2. Mullato  dari satu orang tua dari orang kulit putih (Eropa) dengan orang tua berkulit hitam(Afrika).
  3. Zambo dari satu orang tua kulit hitam dan satu orang tua Hindian.
  4. Castizo, dari satu orang tua Mestizo dan orang tua kulit putih
  5. Cholo, dari satu orang tua suku India dan satu orang tua Mestizo

Penduduk benua Amerika

Aspek

Keterangan

Jumlah penduduk

Pada tahun 2005 mencapai angka 888.000.000 jiwa  sedangkan pada tahun 2015 mencapai 987.000.000 jiwa ini berarti terjadi pertambahan penduduk sebesar 99.000.000 jiwa dalam kurun waktu 10 tahun.

Persebaran penduduk

Konsentrasi penduduk Amerika berada di bagian timur dan barat Amerika Serikat, Amerika Tengah dan Karibia, serta bagian barat dan timur Amerika selatan. Bagian tengah benua Amerika umumnya lebih rendah kepadatan penduduknya.

Komposisi berdasarkan usia

Komposisi penduduk Amerika berdasarkan usia menunjukkan bahwa sebesar 24 persen dari penduduk berusia kurang dari 15 tahun dan sekitar 10 persen  berusia 65 tahun atau  lebih ini berarti  sebesar 34 persen penduduknya termasuk penduduk usia tidak produktif selebihnya atau sebesar 66 persen merupakan penduduk produktif.

Laju pertumbuhan

Laju pertumbuhan penduduk benua Amerika tergolong rendah, yakni 0,9 persen pertahun

Kualitas penduduk

Negara yang memilik 1 kualitas penduduk yang tinggi di antaranya Amerika Serikat, Kanada, dan Chile negara dengan kualitas penduduk sedang adalah Paraguai dan Urugay, Bolivia dan sejumlah negara lain

Komposisi berdasarkan ras

Suku Indian dan Eskimo merupakan penduduk Asli Amerika. Penduduk pendatang berasal dari berbagai benua yang terdiri atas tiga ras utama  yaitu Ras Negrid dari Afrika, ras mongolia dari Asia dan ras Kaukasoid dari Eropa.


SILAKAN ANANDA PELAJARI DAN CATAT MATERI DI ATAS!
SELAMAT BELAJAR...😊

Postingan populer dari blog ini

KETERGANTUNGAN ANTARRUANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Kondisi Alam Negara Mesir

Letak dan Luas Benua Asia, Amerika dan Eropa