Kondisi Alam Negara Mesir

Kondisi Alam Negara Mesir




Tujuan pembelajaran: Setelah proses pembelajaran peserta didik dapat menyimpulkan kondisi alam negara Mesir.

Keadaan Umum

Mesir terletak di kawasan Afrika Utara atau tepatnya terletak di ujung timur laut benua Afrika (di tepi laut Merah dan laut mediterania). Luas negara ini sekitar ± 997.739 km2. Mesir merupakan suatu negara yang terkenal dalam bidang ilmu pengetahuan dan kesenian sejak 30 abad yang lalu. Negara mesir menjadi negara republik sejak tanggal 18 juni 1953 Presiden pertamanya ialah Jendral Muhammad Naquib.

Pada tahun 1958 negara Mesir pernah bergabung dengan negara Suriah dan Irak dengan nama Republik persatuan Arab namun persekutuan ini tidak berlangsung lama. Persekutuan ini bubar dan masing masing membentuk negara sendiri. Mesir menjadi semenjak di bukanya terusan suez yang menghubungkan laut merah dan laut tengah yang fungsinya memperpendek jarak pelayaran dari benua Asia ke benua Eropa atau sebaliknya.

Keadaan Alam

Letak dan batas negara

Letak Astronomis: 25oLU – 36OLU dan 22o BT – 32 o BB

Batas wilayah

  1. Utara: Laut tengah
  2. Selatan: Sudan
  3. Timur : Jalur gaza,Israel dan laut tengah
  4. Barat : Libya 

Bentang Alam

Wilayah daratan negara Mesir secara garis besardikelompokan menjadi lima kawasan sebagai berikut:

Semenanjung Sinai, merupakan suatu dataran tinggi yang terletak di sebelah timur terusan suez dan memanjang sampai perbatasan Arab ,Yordania dan Israel .Dikawasan ini terdapat gunung tertinggi mesir yaitu gunung Khaterina(2.637 mdpl )

Gurun barat, terletak disebelah timur timur Libya dengan luas ± 674.000 km 2 atau hampir tiga perempat wilayah Mesir. Dikawasan ini dijumpai adanya daerah depresi Qatara (daerah yang letaknya lebih rendah daripada permukaan air laut). Di daerah depresi ini terdapat oase-oase seperti oase Faranfra, Oase dakhla dan oase Kharijah.

Gurun Timur. Kawasan gurun ini membentang ke arah timur, yaitu dari lembah sungai Nil sampai ke laut tengah. Di gurun timur ini banyak dijumpai adanya Wadi. Gunung tertinggi di kawasan gurun timur adalah Gunung Shayib (±2.187 mdpl).

Lembah Sungai Nil. Kawasan lembah ini merupakan pusat permukiman penduduk Mesir yang terletak memanjang dari perbatasan sudan sampai ke laut tengah. Di daerah ini juga terdapat bendungan yang terkenal yaitu, bendungan Aswan yang berfungsi sebagai irigasi dan penanggulangan banjir dari sungai Nil.

Delta sungai Nil, delta ini merupakan suatu daerah aluvial yang sangat subur dan merupakan daerah pertanian negara mesir. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di benua Afrika dan di dunia(6.690 km) Sungai Nil terbentuk dari dua Aliran yaitu dari sungai Nil putih dan sungai Nil biru. Mata air sungai Nil putih berasal dari danau victoria di Afrika tengah. Mata air sungai biru berasal dari danau Tana yang terletak di tanah tinggi Ethiopia. Kedua sungai ini bertemu di Khartoum (Sudah )yang kemudian mengalir ke arah utara melalui mesir dan bermuara di laut Tengah.

Iklim negara Mesir

Berdasarkan letak Astronomisnya, negara Mesir bagian utara beriklim Subtropis sedangkan bagian tengah dan selatan banyak dipengaruhi oleh padang pasir sekitarnya, sehingga daerah ini beriklim gurun,musim panas di negara mesir terjadi pada bulan Mei-Oktober dengan suhu rata rata 31oC pada siang hari dan 15 o C pada malam hari. Musim dingin terjadi pada bulan November – April dengan suhu berkisar antara 11-18 o C. Hujan biasanya terjadi pada musim ini dengan curah hujan berkisar 100- 200 mm/ tahun.

SILAKAN KERJAKAN LATIHAN DENGAN MENGKLIK LINK DI BAWAH INI!


Sumber

Buku IPS Terpadu untuk SMP Kelas IX dengan penerbit Erlangga.


Postingan populer dari blog ini

KETERGANTUNGAN ANTARRUANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Letak dan Luas Benua Asia, Amerika dan Eropa