PADA PEMBELAJARAN IPS INI ANANDA IBU AKAN BELAJAR BERSAMA IBU RATNA.
RUANG DAN ANTAR RUANG
"PENGERTIAN RUANG"
Pengertian Ruang Menurut Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007
Batasan Ruang (darat, laut dan udara)
KURIKULUM 2013 dengan rincian sebagai berikut :
KD: 3.1. Memahami konsep Ruang
IPK Pengetahuan: 3.1.1. Menjelaskan Pengertian Konsep Konsep Ruang
IPK Keterampilan: 4.1.1. Keterampilan melaksanakan diskusi dan presentasi tentang pengertian ruang dan interaksi antar ruang
Alokasi : 1 kali pertemuan (Daring)
APERSEPSI (PENGANTAR):
Setiap makhluk hidup pasti menempati ruang. Ikan berenang di Samudera, Burung terbang di angkasa, dan Manusia tinggal perumahan. Begitu juga benda mati seperti air, tanah, batu, dan lainnya. Ruang meliputi unsur-unsur di daratan, perairan dan udara. ANANDA KELAS 7 tinggal dimana ? tinggal di bumi tentunya, berarti kamu telah menempati ruang. Lapisan tanah dan sumber daya alam di dalamnya juga menempati ruang. Perairan dan udara yang dimanfaatkan manusia untuk kehidupannya juga merupakan bagian dari ruang. Kenampakan alam seperti mangrove / hutan bakau berada di perairan. Manusia memanfaatkan mangrove untuk kehidupannya, misal sebagai lokasi tambak ikan.
MATERI :
A. PENGERTIAN RUANG MENURUT UNDANG-UNDANG Nomor. 26 Tahun 2007
Ruang menurut Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 adalah wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya.
B. PENGERTIAN RUANG MENURUT AHLI
-1. Menurut AYADINATA
Ruang adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfer, tempat hidup tumbuh - tumbuhan, hewan dan manusia.
-2. Menurut SAMADI
Ruang merupakan tempat bagi komponen - komponen lingkungan hidup dalam melakukan setiap proses, yaitu saling mempengaruhi (interaksi), saling berhubungan (interelasi), dan saling ketergantungan (interdependensi).
-3. Menurut NEWTON
Ruang merupakan suatu kuantitas mutlak yang ada tanpa memperhatikan keberadaan atau distribusi materi dalam semesta.
C. PENGERTIAN RUANG SECARA UMUM
-Ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal.
-Ruang adalah tempat di bumi, baik secara keseluruhan atau hanya sebagian yang digunakan oleh hal-hal untuk hidup.
-Ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan makhluk hidup untuk tinggal.
D. Batasan Ruang (darat, laut dan udara)
Ruang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya.
Ruangan juga termasuk air di permukaan bumi (laut, sungai dan danau) dan di bawah permukaan tanah (air tanah) dengan kedalaman tertentu. Ruangan juga termasuk lapisan tanah dan batuan di lapisan tertentu menjadi sumber daya bagi kehidupan. Beberapa badan atau makhluk hidup juga merupakan bagian dari ruangan. Oleh karena itu, batas ruang dapat didefinisikan sebagai tempat dan unsur-unsur lain yang mempengaruhi kehidupan di permukaan bumi.
UNTUK LEBIH MEMAHAMI MATERI, SILAKAN ANANDA NONTON VIDEO DI BAWAH INI!
TUGAS:
SETELAH ANANDA BACA DAN TONTON VIDEO INI, CATATLAH MATERI DI ATAS DI BUKU CATATANMU!
IBU AKAN MENGOREKSI CATATAN PADA SAAT PEMBELAJARAN TATAP MUKA.
SELAMAT BELAJAR...
Daftar Rujukan:
Atmawati, Fera dan Puput Setyaningsih. 2020. Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Intan Pariwara
Setiawan, Iwan, dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII. Jakarat: Kemendikbud
Trianita, Eva. 2018. Super Coach. Bandung: Yrama Widya
KETERGANTUNGAN ANTARRUANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL Perdagangan internasional adalah proses pertukaran barang dan jasa antara dua negara atau lebih dengan tujuan mendapatkan keuntungan laba. Perbedaan perdagangan internasional dengan perdagangan dalam negeri Perdagangan dalam negeri 1. Kegiatan di lakukan dalam wilayah suatu negara 2. Pembeli dan penjual cendrung bertemu secara langsung 3. Mata uang yang digunakan sama 4. Tidak di kena bea masuk hanya bayar retribusi 5. Biaya angkut lebih murah 6. Kualitas barang bervariasi 7.Peraturan perundang undangan sama/hukum internasional Perdagangan internasional 1. Kegiatan dilakukan dalam wilayah antarnegara 2. Pembeli dan penjual tidak berinteraksi secara langsung 3. Mata uang yang di gunakan berbeda 4. Dikenakan bea masuk dan pajak 5. Biaya masuk lebih mahal 6. Kualitas barang harus mengikuti standar internasional 7. Peraturan perundang undangan berbeda/hukum internasional
Kondisi Alam Negara Mesir Tujuan pembelajaran: Setelah proses pembelajaran peserta didik dapat menyimpulkan kondisi alam negara Mesir. Keadaan Umum Mesir terletak di kawasan Afrika Utara atau tepatnya terletak di ujung timur laut benua Afrika (di tepi laut Merah dan laut mediterania). Luas negara ini sekitar ± 997.739 km2. Mesir merupakan suatu negara yang terkenal dalam bidang ilmu pengetahuan dan kesenian sejak 30 abad yang lalu. Negara mesir menjadi negara republik sejak tanggal 18 juni 1953 Presiden pertamanya ialah Jendral Muhammad Naquib. Pada tahun 1958 negara Mesir pernah bergabung dengan negara Suriah dan Irak dengan nama Republik persatuan Arab namun persekutuan ini tidak berlangsung lama. Persekutuan ini bubar dan masing masing membentuk negara sendiri. Mesir menjadi semenjak di bukanya terusan suez yang menghubungkan laut merah dan laut tengah yang fungsinya memperpendek jarak pelayaran dari benua Asia ke benua Eropa atau sebaliknya.
Latihan Buatlah latihan tersebut pada buku latihan kemudian foto dan kirim ke wa grup ya. Terima kasih... 1. Menjelaskan letak dan luas benua Asia, Amerika dan Eropa! 2. Menjelaskan batas-batas benua Asia, Amerika dan Eropa! 3. Tulislah wilayah yang ada di Asia Barat! 4. Tulislah wilayah yang ada di Amerika Selatan! 5. Tulislah wilayah yang ada di Eropa Utara!